Persahabatan Tikus dan Kucing

Di sebuah rumah yang sangat besar dan luas, tinggallah seekor kucing sendirian yang menunggu rumah itu. Karena majikannya pergi bekerja setiap hari dan pulang setelah larut malam, maka makanan yang disediakan untuk si kucing hanya roti dan keju.

“Sangat bosan rasanya jika setiap hari aku harus makan makanan ini. Majikanku tidak mengerti apa makanan kesukaanku,” gerutu si Kucing sambil menatapi sepiring roti dan keju.

Tiba-tiba ia mendengar benda terjatuh. Rupanya ada Sesuatu dirumah ini. Setelah di lihat ternyata, ada seekor tikus yang ketakutan melihat dirinya, sehingga menjatuhkan benda di atas meja. Anehnya kucing tersebut tidak mengejar si Tikus tersebut. Ia merasa iba dan ia pun menyapanya, “Hei Tikus jangan takut! Justru aku mencari teman karena setiap hari aku sendiri, dan makanan yang di sediakan majikanku hanya roti dan keju,” kata Kucing. “Oh.., roti dan keju? Itu makanan kesukaanku! Sedangkan di tempat tinggalku, majikanku setiap harinya hanya menyajikan nasi dan ikan,”kata Tikus. “Oh, ikan? Tanya Kucing. “itu makanan kesukaanku!” seru kucing.

Dengan demikian, keduanya keduanya tidak merasa kesepian lagi. Mereka bermain bersama, bercanda, bahkan saling membantu dalam keadaan suka dan duka. Persahabatan mereka pun semakin erat.